Sunday, January 7, 2018

Arduino 3 : Tool

pada artikel ini kita akan membahas tool yang dibutuhkan untuk bisa menggunakan arduino. beberapa tool tersebut diantaranya sebagai berikut :

1. Kabel data/perinter

saya masih bingung penyebutan yang benar untuk kabel ini, tapi kabel jenis ini sering digunakan untuk printer.
kabel data/printer

kabel ini biasanya sudah include dalam pembelian arduino, namun ada juga beberapa penjual yang tidak menyertakan kabel ini, biasanya arduino KW. saran saya sebelum membeli ditanyakan terlebih dahulu kepenjual apakah disertakan atau tidak.

fungsi kabel ini adalah sebagai konektor arduino untuk terhubung ke komputer, sehingga program - program yang telah kita buat di komputer bisa di upload ke arduino. 

2. Power

sumber tenaga arduino sebenarnya bisa disupply dari kabel data, tapi hanya jika di sambungkan ke komputer, jika dilepas maka sumber tenaga tidak ada untuk arduino. maka dibutuhkanlah sumber external sebagai catu daya untuk arduino itu sendiri dan untuk komponen - komponen lainnya. 

Aki kering

Baterai Lipo

Power Adaptor

baterai

diatas beberapa sumber tenaga untuk arduino, mulai dari aki kering, baterai lipo, adaptor, dan baterai biasa. pertanyaannya adalah mana yang harus kita gunakan ?. ya jawabannya adalah nanti jika kita sudah masuk ke projek, maka kita tahu mana yang harus dipakai. tapi untuk awal projek yang belum ada pergerakan sama sekali / alias masih bermain dengan sensor sederhana, maka aku rekomendasikan pakai adaptor terlebih dahulu, cukup pakai yang spesifakasi 12v charger handphone zaman dulu dengan connector bulat agar bisa masuk ke arduino.

seperti gambar diatas

3. Software arduino IDE

walapun bukan bagian tool fisik, tapi aku masukin ini supaya gak terpecah. software ini merupakan tempat mengolah program - program untuk arduino, dimana didalamnya merupakan perintah bagaiamana mengkoneksikan antara input dan output sesuai dengan apa yang kita inginkan.

arduini IDE
software tersebut tinggal download di arduino.cc .

4. kabel

kabel merupakan pokok penting untuk menyambungkan antara input > arduino > output.

kabel arduino/jumper

4. toolset
toolset disini merujuk pada tang, silet, dan kebutuhan lain yang biasanya sudah sepaket jika kita ingin membelinya.
toolset
toolset disiapkan sebagai penunjang proyek arduino.



No comments:

Post a Comment