Sunday, March 20, 2016

TES

KONFIGURASI RFID

Selamat malam teman - teman, pada kesempatan ini saya akan sharing – sharing bagaimana cara konfigurasi dari RFID. Bagi temen – temen yang masih bingung apa itu RFID, sedikit saya akan jelaskan.
RFID merupakan singkatan dari Radio Frequency Identification. Berarti bisa ditebak bahwa RFID berfungsi untuk mengenali sesuatu dengan memakai radio frekuensi, bukan begitu ??...berarti sudah faham. Lanjut ke konfigurasi kalau begitu. Gak gak ,, kita lanjutin lagi. RFID merupakan sebuah metode untuk mengidentifikasi suatu objek dengan menggunakan radio frekuensi. identifikasi objek dilakukan dengan menggunakan RFID Reader dan RFID transponder atau lebih dikenal dengan nama RFID tag. Nih gambarnya biar lebih jelas jadi gak ngebayangin terus.

RFID tag dilekatkan pada objek / barang sehingga nantinya objek tersebut secara otomatis deridentifikasi jika bertemu dengan RFID Reader. Yang lebih uniknya lagi bahwa masing masing RFID Tag memiliki nomor identifikasi yang berbeda antara yang satu dengan yang lain sehingga memungkinkan tidak terjadinya tabrakan antar RFID Tag. (Ngomong – ngomong mesin kalau sama ID gak bakalan bisa digabung, kok manusia malah sesama jenis mau gabung(nikah), hadehhhh mesin aja gak ngelawan kodrat alam, hihihii ).
            Okeh itu saja sedikit pengenalan tentang RFID, untuk lebih jelasnya tentang teori RFID silahkan masuk menu teori elektrikal atau cari referensi lain.
Kita lanjut ke konfigurasi RFID. Pada kesempatan ini kita hanya akan konfigurasi satu buah RFID Tag (pembelajaran dasar). Okeh kita seger mulai. Pertama – tama siapkan terlebih dahulu :
1.      Arduino UNO/Mega/Sejenisnya (Asli atau KW urusan masing masing) beserta kabelnya jangan lupa
GAMBAR ARDUINO UNO/MEGA/DLL dan Kabel
2.      Sepasang RFID (RFID Reader dan RFID Tag),
GAMBAR ARDUINO RFID
*Note : karena sebagai pembelajaran dasar, beli saja RFID yang murah
3.      Kabel Jumper (male to female)
GAMBAR JUMPER
*Note : bikin boleh, kalau mau beli yang sudah jadi juga banyak di glodok)
4.      LED sebagai indikator
GAMBAR LED
5.      Udah itu aja…
Okeh ketika sudah siapkan semuanya, kita lanjut ke pemasangan. Sebelum memasang pengkabelan (bahas kerennya “wiring”) terlebih dahulu fahami data komponen atau pin dari RFID tersebut (bahas kerennya “datasheet”)
*Note : setiap datasheet suatu komponen kadang sedikit memiliki perbedaan antara merek yang satu dengan yang lain, tapi ada juga yang tidak. Saya sarankan datasheet nya samakan dengan RFID yang dibeli.
Ini adalah datasheet yang saya pakai.
GAMBAR DATASHEET RFID





No comments:

Post a Comment